Pages

Thursday, May 12, 2011

AKUNTANSI SEBAGAI LANDASAN BAGI INFORMASI BISNIS

Tinjauan Mengenai Akuntansi
Akuntansi yang juga disebut sebagai bahasa bisnis (language business),  menyediakan cara untuk menyajikan dan meringkas kejadian-kejadian bisnis dalam bentuk informasi keuangan kepada pemakainya. Informasi akuntansi merupakan bagian terpenting yang melandasi bagi seluruh informasi yang diperlukan oleh pihak manajemen, informasi akuntansi yang dihasilkan oleh suatu sistem dibedakan menjadi dua, yaitu:
-informasi akuntansi keuangan
-informasi akuntansi manajemen.
Pemakai informasi akuntansi pun terdiri dari dua kelompok, yaitu:
-pemakai eksternal, mencakup pemegang saham, investor, kreditor, pemerintah, pelanggan, pemasok, pesaing,serikat kerja dan masyarakat.
-pemakai internal,  adalah pihak manajemen dari berbagai tingkatan dalam organisasi bersangkutan.

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) 
Dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem informasi yang merubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya. Adapun tujuan Sistem Informasi Akuntansi adalah sebagai berikut:
1.Mendukung operasi-operasi sehari-hari
2.Mendukung pengambilan keputusan manajemen
3.Memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pertanggung jawaban
Siklus Akuntansi
SIA memiliki beberapa sistem-sistem bagian (sub-system) yang berupa siklus-siklus akuntansi. Siklus akuntansi menunjukkan prosedur akuntansi mulai dari sumber data sampai ke proses pencatatan/pengolahan akuntansinya. Siklus akuntansi dibagi menjadi:
1.Siklus pendapatan, merupakan prosedur pendapatan dimulai dari bagian penjualan otorisasi kredit, pengambilan barang, penerimaan barang, penagihan sampai dengan penerimaan kas.
2.Siklus pengeluaran kas, merupakan prosedur pengeluaran kas mulai dari proses pembelian sampai ke proses pembayaran.
3.Siklus konversi, merupakan siklus produksi mulai dari bahan mentah sampai ke barang jadi.
4.Siklus manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), melibatkan prosedur penggajian.
5.Siklus buku besar dan laporan keuangan, berupa prosedur pencatatan dan perekaman ke jurnal dan buku besar dan pencetakan laporan-laporan keuangan yang datanya diambil dari buku besar.

Contoh software Akuntansi
Ada beberapa software sistem informasi akuntansi yang sudah dikembangkan antara lain: MYOB, Dac Easy Accounting, Accurate, Value+.

Sumber: Accounting Information Systems, Ulric J. Gelinas, Richard B. Dull, 7th edition.